Technical Meeting Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2016 LPM Profesi UNM yang digelar di Ballroom Lt.2 Menara Pinisi, Rabu (19/10) - (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)

PROFESI-UNM.COM

Sembilan Praktisi Media Sulsel Siap Jadi Pemateri DJMTD 2018 LPM Profesi UNM

Sembilan praktisi media Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menjadi pemateri dalam Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2018 Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM), dengan mengusung tema “Cerdas, Militan, dan Profesional”. Acara tersebut berlangsung di Balai Pelatihan Desa dan Kelurahan Kota Makassar, Jalan Andi Djemma, Kamis hingga Minggu (24-28/10).

Ketua Panitia, Irham Nur mengatakan, ada sembilan praktis media di Sulsel yang akan menjadi pemateri DJMTD 2018 pada tahun ini. Kesembilan pemateri tersebut yakni Fotografer Reuters Yusuf Ahmad, Layouter Harian Sindo Supriadi, Wakil Redaktur Tribun Timur Hasim Arfah, Reporter Rakyatku.com Sutrisno Zulkifli, Reporter Bisnis Indonesia Andini Ristyaningrum, Reporter Tribun Timur Fahrizal Syam, Pendiri Alagraph.com Ilham Mangenre, Ketua IJTI Sulsel Hudzaifah Kadir dan Kontributor Metro TV Makassar Faisal Wahab

“Tak hanya pemateri dari media cetak, tapi media online, radio, dan televisi pun akan berbagi ilmu dan pengalaman kepada peserta,” katanya.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin ini mengungkapkan bahwa pemateri berasal dari media yang berkompeten di bidangnya masing-masing. “Praktisi media Sulsel yang punya pengalaman banyak di bidang jurnalistik akan didatangkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Pemimpin Umum LPM Profesi UNM, Muh. Agung Eka mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tahap awal yang harus dilewati bagi mahasiswa yang ingin menjadi jurnalis kampus. Melalui tahap ini peserta nantinya akan diperkenalkan dasar-dasar jurnalistik. Sehingga nantinya peserta memiliki bekal untuk dikembangkan di lembaga kulit tinta ini.

Ia berharap, agar praktisi media mampu membuat peserta tertarik belajar di dunia jurnalistik. “Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan peserta,” harapnya.

Pembukaan DJMTD akan berlangsung  di Balai Pelatihan Desa dan Kelurahan Kota Makassar, Jalan Andi Djemma besok, Kamis (25/10) pukul 08.00 Wita. Peserta diimbau untuk datang sebelum acara dimulai. (*)


*Reporter: Ulil Afia Azzakia