Empat anggota tim ekspedisi MPA Trisula (baju hijau) siap menjajal Gunung Gandang Dewata. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasisaswa Pecinta Alam (MPA) Trisula Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali melakukan ekspedisi. Ekspedisi yang bertajuk Road to Quarles ini menjajal Gunung Gandang Dewata.

Gandang Dewata merupakan Gunung tertinggi kedua di Sulawesi dengan ketinggian 3037mdpl setelah Gunung Latimojong (3478mdpl). Gunung ini terletak di bagian barat Sulawesi (Pegunungan Quarlesi) berada di Kabupaten Mamasa berbatasan dengan Kabupaten Mamuju.

Tim ekspedisi yang terdiri dari Muh. Amastang, Herianto, Muh. Junaedi, dan Fedrian M ini sudah tiba di Mamasa pada Minggu, (21/10) kemarin.

Ketua Umum MPA Trisula, Syahrul Miftahul Saleh mengatakan, ekpedisi ini bertujuan untuk memetakan jalur pendakian dan mengumpulkan data seputar Gunung Gandang Dewata. “Sekarang kami berfokus pada Gunung yang ada di Sulawesi biar paham dengan gunung sendiri, jadi ketika kita keluar daerah kita tidak bikin malu,” kata dia.

Pria yang kerap disapa Ube ini menjelaskan, sebelumnya sudah ada anggota dari MPA Trisula yang melakukan ekspedisi di Gunung ini. Namun minimnya perlengkapan pendakian saat itu, ekspedisi mereka gagal. Olehnya itu dirinya berkomitmen ekpedisi kali ini akan berhasil.

“Pernah ada anggota Trisula yang melakukan ekspedisi di Gunung ini, cuman mereka gagal. yang melakukan itu senior tua saya juga lupa angkatan berapa,” tuturnya.

Besar harapan Ube ekspedisi ini berhasil. Sehingga hasil dari ekspedisi ini mendatangkan manfaat bagi MPA Trisula khususnya dan Pecinta Alam umumnya.

“Mereka ini akan melakukan ekspedisi selama 12 hari. Semoga mereka berhasil,” harapnya.


*Wahyu Riansyah