Liburan. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Masa liburan adalah masa yang ditunggu oleh kebanyakan orang termasuk juga bagi mahasiswa. Hari-hari kuliah yang selalu disibukkan dengan berbagai macam jenis tugas kuliah membuat kita sebagai mahasiswa juga bisa jenuh dan capek.

Maka dari itu, perlunya adanya sedikit waktu untuk bersenang-senang yaitu dengan liburan dan menggunakan sedikit budget itu sangat penting. Berikut ada beberapa tips liburan bagi kantong mahasiswa:

  1. Membuat perencanaan dengan niat yang matang.
    Sebelum melakukan perjalanan, pentingnya kita mengatur jauh-jauh hari terkait apa saja yang dibutuhkan saat liburan dengan matang. Dengan membuat list dari peralatan yang dibutuhkan dan disiplin dalam budget liburan.
  2. Memanfaatkan segala yang ada.
    Nah, sebelum liburan juga ada baiknya kita mencari terlebih dahulu informasi terkait tempat liburan tersebut. Siapa tahu ditempat itu, kita memiliki kenalan yang bisa membantu kita dalam menghemat anggaran seperti dapat menyediakan tempat gratis untuk menginap sementara
  3. Gak usah membeli
    Ada baiknya kita menggunakan peralatan dengan meminjam saja,
    Untuk menghindari pembekakan budget liburan, ada baiknya peralatan yang dibutuhkan saat liburan kita meminjam saja daripada membeli apalagi jika liburan kita berbau dengan alam.
  4. Membawa perbekalan dari rumah atau kost.
    Satu dari beberapa penyebab membengkaknya pengeluaran adalah makanan karena makanan yang dijual pada lokasi liburan akan sedikit lebih mahal, maka dari itu alangkah bainya jika kita membawa perbekalan makanan dari rumah dan kost yang cukup dikonsumsi pada saat liburan.
  5. Membeli oleh-oleh di pasar saja.
    Tidak afdol jika kita pulang berlibur tanpa membelikan oleh-oleh untuk rekan terdekat, tips untuk menghemat dalam budget oleh-oleh ada baiknya jika kita membelinya dipasar daripada di toko.(*)

*Reporter: Anggi Prakasi