Suhadjerah, Asmirinda Resa, Nur Rahma Abdullah, dan Nurul Habibah Makkatenni. Mahasiswa PGSD FIP UNM Sektor Pare-Pare Raih Gold Medal di IYIA 2018. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) sektor Pare-pare berhasil meraih gold medal pada ajag International Young Inventors Award (IYIA) 2018. Kegiatan tersebut diadakan di Grand Inna, Bali, (18/9).

Sebanyak Empat mahasiswa PGSD FIP UNM yang terlibat dalam ajang ini. mereka berhasil meraih kemenangan dikategori Educational Item . Keempat mahasiswa ini, yakni Suhadjerah, Asmirinda Resa, Nur Rahma Abdullah, dan Nurul Habibah Makkatenni.

Asmiranda Resa mengungkapkan bahwa inovasi yang mereka ciptakan yakni Pakakala Boardgame. Hal tersebut merupakan media pembelajaran yang akronim dan dikemas pada papan dan kartu karir pilihan.

“Penemuan ini berangkat dari permasalahan kurangnya pengetahuan tentang karir (pekerjaan) pada siswa sekolah dasar/sederajat,” tambahnya.

Mahasiswa angkatan 2017 ini mengatakan media ini ditujukan kepada peserta didik sekolah dasar (SD). Dengan keinginan agar mereka lebih mengenal jenjang karir yang ada sejak dini.

“Boardgame ini sangat interaktif yang dapat menstimulasi peserta didik untuk daat mengetahui keunikan berbagai pilihan karir yang ada,” katanya.

Selain itu, Pakakala Boardgame ini didesain dengan beragam warna. Karena itu, dapat memacu rasa keingintahuan anak-anak untuk menyelesaikan permainannya.

“Alhasil menarik perhatian peserta dan juri pada ajang tersebut. Dari kegiatan inilah produk kami mulai dikenal berbagai kalangan,” tambahnya.


*Reporter: Kurnia Hasan