Tim PKM FMIPA UNM edukasi masyarakat Tentang Pupuk Organik. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM– Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM),Fatma Hiola memberi peahaman kepada masyarakat tentang pupuk kompos organik. Kegiatan tersebut merupakan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) yang berlangsung di Desa Tadang Palie, Kabupaten Wajo (22-23/6).

Dosen Biologi UNM ini memadahkan bahwa pupuk kompos organik mampu mengembalikan tingkat kesuburan tanah. Sebanyak dua kelompok tani yang mengikuti kegiatan tersebut yakni kelompok tani Sappewali dan Abbanuange serta warga lainnya turut ikut mengapresiasikan hal ini.

“Pupuk organik ini beda dengan pupuk yang terbuat dari bahan kimia, kalau pupuk kimia itu banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan, sperti mengubah pH tanah, merusak prairan, membunuh mikroorgnisme baik yang hidup dalam tanah dan masih banyak lainnya,” tambahnya.

Selain itu, Kepala Desa Tadang Palie, Panguriseng menyambut dengan hangat rangkaian kegiatan ini. ia mengaku bahwa masyarakat sangat membutuhkan pengetahuan seperti ini. sebab 90% mayarakat disini bekerja sebagai petani.

“Saya berterima kasih sekali kepada pihak UNM karena memilih tempat kami sebagai pengadaan penelitaan PKM yang memang sangat kami butuhkan itu. Dengan adanya ini SDM kami menjdi tahu cara bertani dengan baik,” akunya.


*Reporter: Kurnia Hasan