Versi
Cover video youtube tipe mahasiswa dalam musyawarah versi Himagara UNM

PROFESI-UNM.COM – Sebuah organisasi internal atau eksternal kampus khususnya untuk mahasiswa tentunya pernah merasakan yang namanya bermusyawarah secara bersama. Tujuannya demi mencapai keputusan yang telah di sepakati.

Bermusyawarah, tentu sudah menjadi hal yang sangat lumrah bagi kalangan mahasiswa. Toh, dalam suatu organisasi kelembagaan pastinya memiliki beberapa hal atau masalah yang perlu untuk di selasaikan.

Waktu dekat ini, Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (HIMAGARA) FIS UNM akan mengadakan Musyawarah Mahasiswa atau Musmah. Secara umum, musyawarah tersebut dilaksanakan pada saat akhir kepengurusan lembaga kemahasiswaan. Ada beberapa hal yang perlu untuk di mufakatkan seperti pembahasan AD/ART lembaga , laporan pertanggung jawaban, dan lain sebagainya.

Umumnya diikuti oleh beragam jenis mahasiswa –baik senior dan junior– menarik untuk diperhatikan tipe-tipe mereka ketika berada di dalam forum musyawarah. Himagara FIS UNM dalam ajang sosialisasi Musmahnya, menampilkan 10 tipe mahasiswa dengan kemasan jenaka.

Berikut 10 tipe mahasiswa yang akan kamu temui dalam forum musyawarah versi Himagara FIS UNM yang ditayangkan melalui channel Youtube mereka, Gara tv;

1. Si kembali ke draft

Saat peserta sedang membahas sebuah persoalan, wajar jika timbul diskusi hingga perdebatan yang alot. Lucunya, kadang kala, perdebatan tersebut kembali ke muara saja.

“Bagaimana peserta forum?”

Ketika pimpinan sidang mengatakan hal tersebut, maka tipe mahasiswa ini yang akan anda lihat.

“Kembali ke draft.”

2. Si sepakat 99

Entah karena mau forumnya cepat-cepat kelar atau malu ungkapin argumennya, pokoknya sepakat aja lah.

Tipe mahasiswa ini biasanya duduk paling pojok, di belakang, dan kadang tak terlihat batang hidungnya, tapi lantang suaranya.

3. Si tukang tidur

Tipe mahasiswa ini juga biasanya duduk paling belakang. Tipe ini juga paling suka dapat teguran dari pimpinan sidang karena kedapetan tidur, ups jangan ditiru yah.

4. Si tukang interupsi

Tipe ini terbilang unik dan langka. Sebab hanya segelintir mahasiswa saja yang memiliki “bakat” ini. Berani mengungkapkan hal yang janggal dalam forum musyawarah.

“Interupsi pimpinan sidang.”

Biasanya mempersoalkan peserta forum yang tidur dan sebagainya.

Saksikan enam tipe mahasiswa dalam forum musyawarah lainnya di link Youtube Gara tv melalui link ini; https://www.youtube.com/watch?v=5dUIw2B1fDw&feature=youtu.be

Sekadar diketahui, HIMAGARA FIS UNM akan melaksanakan Musmah IX di Kawasan Taman Nasional Bantimurung, Kabupaten Maros, pada 12-14 Oktober 2018 mendatang.

“Pembuatan video tersebut sebagai salah satu ajang sosialisasi kepada seluruh masyarakat Ilmu Administrasi Negara FIS UNM, tentang akan digelarnya forum tertinggi Himagara, yakni Musyawarah Mahasiswa,” kata Steering Committee Musmah, Syamsuryono, Jumat, 5 Oktober 2018.


*Rara Astuti