TIM UKM SAR UNM siap berangkat menuju lokasi gempa di Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) (Foto: Ist)
TIM UKM SAR UNM siap berangkat menuju lokasi gempa di Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Tim Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Search And Rescue (SAR) , Universitas Negeri Makassar (UNM), turut membantu korban gemba bumi yang menimpa wilayah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Barat (Sulbar) yang terjadi pada Jumat (28/9).

Adapun tiga orang yang di utus untuk membantu korban di Donggala, Mamuju, dan Palu. Telah berangkat ke lokasi titik gempa, Sabtu (29/9) malam.

Ketua SAR, Rizky Wahyudi mengatakan bahwa gempa kekuatan 7,7 SR telah mengguncang Kabupaten Donggala, Sulteng pada Jumat (28/9). Gempa tersebut berpusat di 27 km Timur Laut Kabupaten Donggala dan termasuk ke dalam gempa dangkal. Gempa ini pun turut dirasakan di Kabupaten Toli-Toli, Palu, Majene, hingga Poso.

“Saat ini korban yang tercatat dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yaitu satu orang meninggal dunia, dan 10 orang luka-luka akibat tertimpa reruntuhan,” katanya.

Mahasiswa Jurusan Elektro mengungkapkan, bahwa kegaiatan yang dapat dilakukan oleh tim SAR UNM selama dilokasi gempa seperti, pencarian, dan penyisiran korban.

“Adapun anggota yang saya kirim sebanyak tiga orang. Muh. Saleh (Dansru), Ahmad Ibnu Sabil, dan Muh. Safar Nur Rahman B,” ungkapnya.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau untuk warga yang disekitaran lokasi gempa agar menjauhi pantai dan menghindar dari apapun yang berpotensi tertimpa reruntuhan. (*)


*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah