CPNS (Foto: Int)
CPNS (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membuka total 2.000 lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Dari jumlah tersebut sebanyak 878 dikhususkan untuk lulusan Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) sederajat. Hal itu tertuang dalam Surat Pengumuman Nomor: SEK.KP.02.01-773 tentang Pelaksanaan Seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2018. Kamis (27/9)

Dalam surat pengumuman tersebut dijelaskan, sebanyak 878 lowongan khusus lulusan SLTA sederajat itu terdiri dari 211 untuk wanita, 633 pria, Putra Putri Papua wanita 8 dan Putra Putri Papua Pria 26 orang.

Adapun formasi untuk lulusan SLTA sederajat tersebut ialah penjaga tahanan atau sipir. Adapun SLTA sederajat yang mendaftar pada kantor wilayah harus sesuai dengan domisili yang tercantum dalam e-KTP.

Dilansir dari laman detik.com. SLTA sederajat yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau terdaftar di Kementerian Agama dengan nilai minimal ijazah rata-rata 7,0 atau 70, atau 3 skala 1 sampai 4, atau . Khusus untuk pelamar dengan kategori putra/putri Papua dan Papua Barat dengan nilai minimal pada ijazah 6,0 atau 60, atau 2 skala 1 sampai 4, atau C.

Apabila pelamar yang domisilinya tidak sesuai dengan e-KTP dan ingin mendaftar pada wilayah domisilinya, wajib membuat surat keterangan dari kelurahan atau kantor desa setempat yang menerangkan bahwa yang bersangkutan telah berdomisili pada wilayah tersebut.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengklik laman berikut https://cpns.kemenkumham.go.id/

 


*Reporter: Irham Nur