Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Luar Biasa (PLB) perjuangkan hak penyandang disabilitas di Kantor DPRD Kota Makassar. (Foto: Ist)
Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Luar Biasa (PLB) perjuangkan hak penyandang disabilitas di Kantor DPRD Kota Makassar. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Luar Biasa (PLB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama National Paralimpic Committee aksi peduli atlet disabilitas. Aksi tersebut berlangsung di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, Rabu (26/9).

Ketua HMJ PLB, Muh. Yusril Thahir mengatakan bahwa aksi kali ini dilatar belakangi karena tidak terakomodasinya anggaran untuk atlet disabilitas dalam kegiatan Pekan Paralympik Provinsi (Peparprov) IV di Kabulaten Pinrang. Aksi kali ini juga di ikuti puluhan atlet disabilitas.

“Saya melihat ada ketimpangan terkait pemberangkatan atlet disabilitas di Pekan Olahraga Daerah (Porda) Sulawesi Selatan tahun ini,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan kewajibannya sebagai mahasiswa untuk turut andil dalam mengawal kasus tersebut.

“Sebagai mahasiswa ini jelas tanggung jawab kita, menyuarakan hak-hak masyarakat, apa lagi ini terkait disabilitas,” ungkapnya.

Pria asal Gowa mengharapkan, semoga kedepan tidak akan ada lagi kasus seperti ini yang terjadi.

“Jangan ada lagi diskriminasi, kita ini sama-sama warga negara,” harapnya.

Adapun tanggapan dari Anggota DPRD bahwa mereka akan mengkaji hal tersebut dan meneruskannya ke Pemerintah Kota(Pemkot). Dan juga mereka akan mendampingi kami menghadap Pak Wali Kota. (*)


*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah