Alu dan proses
Pamflet beasiswa Kominfo bertajuk  “Digital Talent 2018” (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan beasiswa bertajuk “Digital Talent 2018”. Pembukaan program beasiswa ini berlangsung hingga 5 Oktober 2018.

Dilansir dari KOMPAS.com. Beasiswa tanpa gelar ini diperuntukkan untuk 1.000 orang pada 2018, yang akan dilaksanakan pada 15 Oktober-7 November 2018 mendatang.

Nantinya, peserta kegiatan akan mendapatkan dua sertifikat yakni dari Microsoft Indonesia dan Kementerian Kominfo. Beasiswa pelatihan terbuka untuk lulusan D3/S1, lulusan SMK bidang TIK, ASN/PNS/TNI/Polri, serta pelaku industri.

Ferdinandus menyampaikan, tim seleksi yang terdiri dari perwakilan Kominfo dan perwakilan lima universitas negeri di atas akan melakukan proses penentuan akhir bagi peserta yang nantinya lolos mendapatkan beasiswa.

“Proses seleksi online meliputi isian profil diri, unggah data diri, lembar komitmen, tes pengetahuan dasar tema-tema pelatihan secara online. Semuanya jadi pertimbangan seleksi dengan bobot penilaian masing-masing,” ujarnya. Senin (17/9)

Berikut rincian jadwal pelaksanaannya:
1. Pembukaan pendaftaran (17 September 2018)
2. Penutupan pendaftaran (5 Oktober 2018)
3. Pengumuman hasil seleksi (9 Oktober 2018)
4. Pembukaan masa studi (15 Oktober 2018)
5. Penutupan masa studi (7 Desember 2018)

Langkah-langkah seleksi:
1. Pendaftaran Calon peserta membuat akun dengan memasukkan data diri yang sesuai dan email yang valid. Kemudian, peserta dapat mengaktifkan akun melalui email.

2. Pilih Pelatihan Calon peserta melakukan login menggunakan akun yang sudah aktif, kemudian dapat memilih universitas dan pelatihan yang diminati. Lalu, unggah pas foto terbaru.

3. Unggah Berkas Calon peserta menyiapkan berkas dalam format digital, lalu mengunggah berkas sesuai dengan ketentuan persyaratan yang dibutuhkan.

4. Ujian Daring Calon peserta menjawab 20 soal pilihan ganda selama 30 menit. Tema soal ujian sesuai dengan pelatihan yang dipilih.  selengkapnya kominfo.go.id


*Reporter: Nurul Atika