BEM FE UNM latih mahasiswa menulis berita. (Foto: Amel-Profesi)
BEM FE UNM latih mahasiswa menulis berita. (Foto: Amel-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM) Melatih mahasiswa menulis berita pada Kegiatan Pustaka Beraksi. Kegiatan ini digelar di Gedung BU FE UNM, Kamis (20/9).

Widyawan Setiadi, Pemateri mengungkapkan bahwa yang terpenting dimuat dalam menulis sebuah berita adalah unsur 5W+1H dan struktur penulisan piramida terbalik.

“Ini penting agar pembaca dapat segera mengetahui inti dari berita yang ingin diketahuinya,” katanya.

Presiden BEM FE UNM mengatakan kegiatan ini didasari atas kebutuhan mahasiswa FE yang masih kesulitan dalam merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat dalam penulisan berita.

Penulisan berita ini berbeda dengan menulis cerpen. Jadi bagaimana merangkai kata dalam penulisan berita itu perlu dipelajari,” katanya.

Selain itu, Ia pula menambahkan bahwa belum adanya lembaga pers di FE UNM menjadikan Pelatihan Penulisan Berita ini sebagai alternatif mahasiswa tentang jurnalistik.

“Di FE yang notabenenya tidak memiliki lembaga pers sehingga perlu diadakan pelatihan seperti ini,” tambahnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian tugas oleh pemateri untuk menuliskan sebuah berita menyangkut kegiatan Pustaka Beraksi yang telah berlangsung.


*Reporter: St. Reski Amelia