(Foto: Int)

 

(Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) M Nasir, berencana akan melakukan merger alias menggabungkan beberapa kampus swasta.

Dilansir dari situs news.okezone.com, M Nasir mencatat setidaknya ada 243 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan mahasiswa dan jurusan yang sedikit akan dijadikan satu.

“Saya bukan menghapus tapi di-merger, sekarang tahap merger. Penggabungan lho ya. Supaya perguruan tinggi tidak terlalu banyak tapi semakin kuat,” ucapnya. Senin (17/9).

Di sisi lain Dirjen Kelembagaan Kemenristekdikti Patdono Suwignjo, menjelaskan mekanisme penggabungan perguruan tinggi swasta cenderung beragam dan disesuaikan dengan kondisi perguruan tinggi. Misalnya, ada 3 perguruan tinggi menjadi 1. Ada pula 4 perguruan tinggi yang di-merger menjadi satu.

“Sekarang dalam proses itu ada 200 usulan untuk melakukan merger,” tutupnya, menambahi penjelasan M. Nasir.

Sebelumnya wacana penghapusan seribu PTS merebak pasca penemuan beberapa perguruan tinggi swasta yang kekurangan mahasiswa dan jumlah jurusan yang sedikit. Alhasil wacana penggabungan beberapa kampus swasta terus berhembus.


*Nurul Atika