Mahasiswa FSD, Trian gambarkan suasana kelas melalui ilustrasi. (Foto: Ist)
karikatur, karya Trian mahasiswa FSD. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) sindir pimpinan kampus lewat karikatur. Karya tersebut diviralkan mahasiswa DKV melalui media sosial, Rabu (19/9).

Salah satu mahasiswa DKV, Trian mengatakan bahwa saat ini sarana dan prasarana Prodi tersebut sangat memprihatinkan. Kelas yang selayaknya nyaman ditempati belajar, menjadi masalah bagi mahasiswa dalam menuntut ilmu.

Saat hujan, kata Trian, air masuk ke dalam kelas. Sementara jika kemarau, kondisi ruangan panas karena tidak ada sistem pendingin.

Sehingga melalui karikatur, secara tidak langsung mahasiswa DKV mengkritisi pimpinan.

Mahasiswa FSD, Trian gambarkan suasana kelas melalui ilustrasi. (Foto: Ist)

“Kami buat ini sebagai mahakarya foto konsep yang mewakili perasaan seluruh mahasiswa DKV. Dimana mahasiswa harus merasakan kuliah dengan keadaan kelas yang panas, atap bocor dan plafon yang rusak,” katanya.

Melalui karikatur tersebut, mereka berharap pimpinan mengetahui kondisi ruang kuliah yang sedang dirasakan mahasiswa. Kemudian secepatnya dibenahi, agar mahasiswa dapat belajar dengan kondisi ruangan yang nyaman.

Minimnya pendingin ruangan jadi bahan sentilan mahasiswa FSD. (Foto: Ist)

“Semoga para birokrat dapat melihat dan mengerti apa yang dirasakan mahasiswa. Sehingga dengan foto ini, dapat jadi perantara Tuhan untuk menggerakkan hati mereka untuk membenahi dan melengkapi fasilitas kampus kita,” harapnya. (*)


*Reporter: Syahru Ramadhan