(Foto: Ist)
Chevening Scholarship’s Team Visit Makassar (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – British Embassy Indonesia yang berkedudukan di Jakarta, untuk pertama kalinya sosialisasi beasiswa Chevening di Makassar, Sulawesi Selatan (19/9/2018).

Pada program Chevening Scholarship’s Team Visit Makassar, British Embassy memberikan kiat-kiat untuk mendapatkan beasiswa pendidikan ke Inggris.

Chevening scholarship merupakan program kerjasama Pemerintah United Kingdom dengan Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan beberapa partner organisasi. Beasiswa yang disiapkan adalah S2 selama setahun di UK.

“Pertimbangan kelulusan untuk Chevening scholarship ini sangat memperhatikan ambition dan leadership potensial, selain daripada interpersonal skill dan strong academic,” ungkap Rowena Rompas, scholarship and koordinator alumni di British Embassy Jakarta.

Rowena juga menjelaskan perihal atmosfer belajar di United Kingdom terbuka dan tidak kaku. Chevening scholarship adalah beasiswa penuh hingga batas maximal 18ribu pounds.

Selain perwakilan British Embassy juga turut hadir alumni yang telah mengikuti program beasiswa Chevening, Muh. Fahmi. Ia memaparkan kiat-kiat untuk meng-apply beasiswa Chevening.

“Isilah sesuai pengalaman pribadi. Tuliskan dengan perasaan dan rasionalitas, sampaikan perihal pengalaman dan kontribusi yang bermanfaat untuk masyarakat. Kesungguhan pendaftar sangat penting bila ingin lulus,” jelas Fahmi.

Selain itu, Fahmi juga menyampaikan perihal linear tidaknya program studi di Indonesia dengan yang akan ditempuh disana tidak ada masalah, yang penting mampu.

Beasiswa Chevening membuka pendaftaran sejak 6 Agustus hingga 6 November 2018. Untuk informasi tentang kelayakan, waktu pendaftaran, dan sistem aplikasi online di situs web www.chevening.org/apply


*Reporter: Rara Astuti