Mahasiswa Pendidikan Antropologi FIS UNM saat berkunjung di Museum Kota Makassar. (Foto: Ist)
Mahasiswa Pendidikan Antropologi FIS UNM saat berkunjung di Museum Kota Makassar. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Jurusan Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Universitas Negeri Makassar (UNM) belajar tata kelolah Meseum di Meseum Kota Makassar, Senin (17/9). Kegiatan ini merupakan praktek lapangan mata kuliah sumber daya budaya.

Dosen pengampuh mata kuliah pengelolaan sumberdaya budaya, Andi Ima Kesuma dan Irwan menjelaskan studi lapangan di museum kota makassar bertujuan untuk lebih mengkontekstualkan materi tentang pengelolaan museum. Kata irwan, selain melihat benda bersejarah, mahasiswa juga mendapat materi tentang pengelolaan koleksi museum.

“Mereka diajari bagaimana metode registrasi dan inventarisasi, perawatan, penelitian koleksi museum yang disajikan di ruang pamer atau disimpan pada ruang penyimpanan di Museum Kota Makassar,” katanya.

Selain itu, para mahasiswa mendapat penjelasan dari pengelola museum, Nurharla Dahlan. Nurharla mengatakan sejarah bangunan museum kota makassar merupakan bekas bangunan kolonial yang dulunya merupakan kantor balaikota, dan dijadikan museum tanggal 07,Juni 2000.

Acara ini ditutup dengan kegiatan foto rombongan berbaris di depan benda bersejarah. Museum kota Makassar mengelolah benda bersejarah yang bertemakan sejarah kota Makassar.


*Reporter: Wahyu Riansyah