Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III) Arifuddin Usman memasang kartu identitas kepada calon peserta diklat SAR UKM SAR UNM. (Foto: Wahyu-Profesi)
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III) Arifuddin Usman memasang kartu identitas kepada calon peserta diklat SAR UKM SAR UNM. (Foto: Wahyu-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Search And Rescue (SAR), Universitas Negeri Makassar(UNM) melaksanakan pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) yang ke 17. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III), Arifuddin Usman, di Gedung Bahasa Arab UNM, Jumat (14/9).

Ketua Panitia, Armal Hasman mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang perekrutan anggota baru, sebagai calon penerus roda organisasi. “Untuk menciptakan kader pengembang misi kemanusiaan,” katanya.

Kegiatan ini bertema “Membentuk perilaku prososial mahasiswa dalam upaya melahirkan rescuer tangguh yang responsif”. Mereka akan melewati enam tahap seleksi sebelum dikukuhkan sebagai anggota.

“Dalam Diklatsar ini terdapat enam tahap yang harus dilalui oleh peserta, yakni technical meeting, Pretest, yang telah terlaksana dan Indor, Vertical rescue, Matra air, dan matra darat,” tambahnya.

Hingga pelaksanaan Pretest, terhitung 27 peserta yang masih melanjutkan. Sebelumnya terdapat 43 orang yang mengambil formulir.

Armal berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar, aman dan peserta tetap semangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sampai selesai.

“Saya sangat berharap mereka mampu melewati semua tahapan seleksi. Dan nantinya mampu menjadi rescuer yang responsif,” harapnya. (*)


*Reporter: Wahyu Riansyah