Seminar proposal LPM Penalaran UNM. (Foto: Ist)
Seminar proposal LPM Penalaran UNM. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) memaparkan 13 hasil penelitian anggotanya dalam seminar. Pemaparan ini dilaksanakan di Gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetauan Alam (FMIPA) UNM, pada Sabtu, (8/9) lalu.

Penelitian anggota adalah penelitian yang dilaksakan setiap tahunnya oleh anggota LPM Penalaran UNM sebagai wujud pengabdiannya terhadap lembaga.

Dian Angreani, salah satu ketua tim peneliti mengatakan bahwa dengan adanya penelitian anggota ini membantu dirinya bersama rekan lainnya untuk lebih tanggap terhadap informasi sebagai bahan penelitian dan juga memberikan pengalaman baru tentang apa yang ia teliti.

“Untuk anggota seperti saya kegiatan ini bisa menumbuhkan kembali semangat meneliti kami, menambah informasi, pengalaman-pengalaman baru,”katanya.

Ia juga menambahkan bawa pengawasan dan bimbingan dari Divisi Penelitian dan Pengembangan sangat membantu mereka dalam menyelesaikan hasil penelitiannya.

“Kontrol dari Divisi Penelitian dan Pengembangan selaku penaggung jawab kegiatan membuat kami sampai pada tahap seminar hasil hari ini,” tambahnya.
Senada dengan itu, Ketua Divisi Penelitian dan Pengembangan Nurul Qalbi Awaliah mengatakan bahwa forum pembahasan hasil ini adalah forum terakhir untuk program kerja penelitian anggota. Forum ini diharapkan menjadi forum yang membahas dan mengevaluasi penelitian anggota yang telah dilaksanakan kurang lebih 3 bulan terakhir.

“Forum terakhir untuk program kerja penelitian anggota ini, semoga bisa mengevaluasi secara keseluruhan hasil penelitian selama 3 bulan,” katanya.

Penelitian anggota yang berjumlah 13 ini merupakan penelitian yang terdiri dari berbagai skim. Pada pemaparan hasil kali ini dihadiri oleh elemen LPM Penalaran UNM, dosen pembimbing, pendamping ahli dan penanggap ahli.

Ke-13 penelitian anggota yang diseminarkan hari ini akan didiseminasikan pada kegiatan LPM Penalaran UNM yang akan datang yakni Research Colloquium.


*Reporter: St. Reski Amelia