SDJSFAKFKJ
PTN yang memiliki Jurusan Psikologi dengan Akreditasi A (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Di rumpun Ilmu Sosial Humaniora (soshum), Jurusan Ilmu Psikologi menjadi salah satu jurusan favorit. Karena banyaknya orang yang berminat inilah, kemudian banyak bertebaran fakultas psikologi di berbagai universitas. Namun sebagai calon mahasiswa tentunya kita harus selektif dengan memilih fakultas psikologi terbaik.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) membuat daftar perguruan tinggi negeri (PTN) mana saja yang memiliki jurusan Ilmu Psikologi dengan akreditasi A.

Penilaian tersebut didasarkan pada tujuh faktor, visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaiannya; tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu; mahasiswa dan lulusan; sumber daya manusia; kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi; penelititian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

1.Universitas Gajah Mada

Salah satu PTN favorit yang terletak di kota Yogyakarta ini, meresmikan Fakultas Psikologinya pada 8 Januari 1965. Selain menyediakan program reguler, Fakultas Psikologi UGM juga menyediakan program internasional untuk jenjang S1.

2.Universitas Indonesia

Sesuai dengan surat keputusan yang dikeluarkan BAN PT tahun 2014, kampus yang pusatnya terletak di kota Depok tersebut memiliki jurusan Psikologi yang terakreditasi A. Sebagai gambaran tambahan, tahun ini ilmu Psikologi UI memiliki jumlah peminat sebanyak 140, dari total peminat di tahun sebelumnya mencapai 3.843.

3.Universitas Airlangga

Dari sekian banyak jurusan yang ditawarkan di Unair, salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya di Unair adalah jurusan Psikologi. Jurusan ini dinilai berakreditasi A berdasarkan SK tahun 2016.

4.Universitas Padjadjaran

Khusus untuk di Unpad, Jurusan Psikologi masuk ke dalam rumpun ilmu sains dan teknologi (saintek), karena jurusan Psikologi di Unpad fokus ke psikologi klinis dan psikiatris. Pada penyelenggaraan SBMPTN tahun ini, jumlah peminat jurusan Psikologi unpad mencapai 4.602.

5.Universitas Diponegoro

Jurusan Psikologi Undip didukung dengan adanya tiga pusat studi yang juga bernaung dibawah Fakultas Psikologi. Selain itu, profil pengajarnya pun memiliki latar belakang keahlian yang beragam mulai dari psikologi umum dan eksperimen, sampai psikologi industri dan organisasi.

 


*Reporter: Nurul Atika