Kelas Bisindo HMJ PLB FIP. (Foto: Ulil-Profesi)
Kelas Bisindo HMJ PLB FIP. (Foto: Ulil-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Luar Biasa (PLB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar Kelas Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo). Acara ini berlangsung di Lapangan Sepak Bola FIP, Senin (27/8) Sore.

Adapun Kelas Bisindo merupakan kelas pelatihan bahasa isyarat dengan menggunakan dua tangan. Dimana Bahasa isyarat ini, merupakan media komunikasi bagi mereka yang tidak mampu mendengar (Penyandang Tunarungu).

Ketua HMJ PLB, Muh. Yusril Thahir, mengatakan tujuan dari Kelas Bisindo, yaitu agar mahasiswa mampu memahami tentang bahasa isyarat dan mengimplementasikannya. Kegiatan ini merupakan Program Kerja (Proker) Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Bidang I).

“Dalam kegiatan ini, mereka diajari bahasa isyarat. Dimulai dari pengenalan bahasa isyarat huruf, angka, warna, buah hingga nama-nama anggota keluarga,” katanya.

Lanjut, ia mengungkapkan acara ini rutin dilaksanakan tiap minggu. Hal tersubut diupayakan hingga mereka mampu berkomunikasi dengan penyandang tunarungu.
“Ini dilaksanakan dengan konsep out door, agar mudah diakses oleh mahasiswa lain yang bukan dari Jurusan PLB,” ungkapnya.

Sementara, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang juga ikut dalam kegiatan Kelas Bisindo, Ramli Ely, beranggapan dengan adanya Kelas Bisindo sangat baik bagi mahasiswa FIP. Dimana mereka mampu memahami bahasa isyarat hingga berkomunikasi dengan penyandang disabilitas.

“Kegiatan ini, amat sangat baik bagi mahasiswa FIP. Dan semoga melalui kegiatan ini tidak ada lagi diskriminasi bagi kawan-kawan penyandang tunarungu,” ujarnya.


*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah