Seminar hasil mahasiswa LPM Penalaran UNM. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Tiga penelitian kembali dilakukan oleh anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM). Telah mencapai hasil, ketiga penelitian ini kemudian diseminarkan guna mengkaji ulang hasil yang telah didapat, pembahasan hasil penelitian ini dilakukan di Gedung Bahasa Arab UNM, Sabtu (25/8).

Ketua Umum UKM LPM Penalaran, Agusman menjelaskan meski telah memasuki tahap hasil namun penelitian ini akan terus dikembangkan, hingga dapat diaplikasikan atau diinformasikan pada masyarakat. “Alhamdulillah, ada 3 hasil penelitian yang kita seminarkan. Dan tentunya terus dikembangkan sampai desiminasikan ke masyarakat lalu gunakan,” jelasnya.

Senadsa dengan Agusman, salah satu penaggap Ahli Suprapta berharap kegiatan ini, menjadi wadah pengaplikasian teori yang selama ini didapat. Juga menjadi saat pertanggungjawaban penelitian yang dilakukan, mengingat kejujuran ilmiah merupakan salah satu aspek terpenting dari sebuah penelitian.

“Kegiatan ini menampakkan ekspresi saintis,  yang sedang dibimbing betul-betul bukan hanya sebatas teoritis. Selain itu yang  perlu ditegakkan dalam penelitian adalah kejujuran ilmiah, artinya semua langkah kegiatan riset dari awal sampai akhir, harus dinyatakan sesuai keadaan lapangan.” Pungkas Suprapta.

Adapun ketiga penelitian yang akan diseminarkan, adalah:

  1. Kontrol Sosial Tokoh Masyarakat Terhadap Peredaran Narkoba Pada Remaja di Kelurahan Pandang-Pandang Kabupaten Gowa
  2. Pola Adaptasi Nelayan Pencari Kerang Kerang Terhadap Reklamasi Pantai Losari di Kecamatan Mariso Kota Makassar
  3. Analisis Pemetaan Potensi Ketahanan Pangan Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros dengan Pendekatan “Sistem Informasi Geografi (SIG)”

*Reporter: Faisal Fajar