Tim PKM Pengabdian Masyarakat FIS UNM. (Foto: Ist)
Tim PKM Pengabdian Masyarakat FIS UNM. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar sosialisasi pendidikan bahari kepada masyarakat pesisir sungai di Tuju-Tuju Desa Tarasu Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone, Rabu (22/8)

Kegiatan ini merupakan salah satu Program Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar yang diketuai oleh  Amiruddin, dengan anggota tim  Abdul Rahman dan Rifal.

Salah satu anggota tim, Rifal mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk edukasi kebaharian kepada remaja sebagai upaya pencegahan pencemaran laut. Kegiatan ini juga dalam rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar 2018.

“Tujuan sosialisasi pendidikan bahari ini memberikan informasi kepada remaja yaitu Lebih pada perubahan pola pikir bahwa membuang sampah di laut merupakan prilaku yang sangat berbahaya bagi keberlangsungan hidup masyarakat bahari” katanya.

Dosen Pendidikan Sejarah ini melanjutkan, pihaknya berusaha memotivasi remaja agar peduli terhadap lingkungan dan pola hidup sehat. Selain itu ia juga memberikan penyuluhan mengenai pentingnya menjaga kelestarian laut.

“Hal ini juga untuk memberikan motivasi untuk selalu gemar belajar hidup bersih dan sehat bagi para remaja. Memberikan informasi bagi para remaja tentang pentingnya menjaga kelestarian laut,” tuturnya

Rifal berharap warga juga dapat melakukan tindakan bersama untuk merubah dan menciptakan suasana yang lebih positif dengan terus bersama-sama memproduksi pengetahuan mengenai bahaya pencemaran laut menuju lingkungan laut Desa Tarasu yang jauh lebih terjaga dan lestari.


*Reporter: Wahyu Riansyah