MPA Trisula FIS UNM. (Foto: Ist)
MPA Trisula FIS UNM. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Implemetasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi poin pengabdian kepada masyarakat, Mahasiswa Pecinta Alam (MPA) Trisula, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNM gelar Kema Bakti Lingkungan Hidup (KBLH). Kegiatan ini dihelat di Desa Biku Kecamatan Balocci, Kabupaten Maros dan berlangsung selama lima hari, yakni tanggal 15 hingga 19 Agustus lalu.

Ketua Umum MPA Trisula, Syahrul Miftahul Saleh mengatakan Desa Biku merupakan wilayah yang terisolasi dan kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Sehingga melalui KBLH, pihaknya berusaha untuk mengembangkan wilayah ini.

“Tujuan kami sederhana, kami ingin berusaha mengembangkan desa yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah,” katanya.

Mahasiswa jurusan Pendidikan Sosiologi ini menuturkan ada beberapa agenda yang diterapkan selama KBLH ini berlangsung. Yakni pembuatan WC, penanaman bibit tanaman produktif, serta pembagian pakaian.

“Sebelum kegaiatan ini berlangsung, beberapa anggota kami survei ke lokasi hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi masyarakat disana. Hasilnya kemudian disesuaikan dengan program kerja kami,” tuturnnya.

Pria yang sering disapa Ube ini berharap KBLH memberikan manfaat langsung terhadap kehidupan masyarakat Desa Biku. Selain itu ia juga meminta agar pemerintah peka terhadap kondisi masyarakat di desa itu dan segera memberikan bantuan khusus.

“Disana untuk kepasar aja masyarakat susah, harus berjalan kaki selama dua jam. Kami sangat berharap pemerinta memberikan batuan terhadap mereka,” tegasnya.


*Reporter: Muh. Nur Taufik