Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan (Sulsel) Umar Septono memberikan kuliah umum pada acara PKKMB 2018 UNM. (Foto: Sahru-Profesi)
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan (Sulsel) Umar Septono memberikan kuliah umum pada acara PKKMB 2018 UNM. (Foto: Sahru-Profesi)

PROFESI-UNM.COM– Universitas Negeri Makassar (UNM) telah menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) T.A 2018/2019. Kegiatan ini berlangsung di pelataran Menara Pinisi dan turut di hadiri Umar Septono selaku Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (16/8).

Dalam pelaksanaan PKKMB, Kapolda Sulsel juga membawakan kuliah umum dengan tema “Peran Universitas Negeri Makassar Dalam Menangkal Radikalisme dan Terorisme Untuk Menguatkan NKRI”. Ia juga berharap kepada mahasiswa agar bekerja sama untuk menangkal paham radikalisme.

“Saya harap kalian mahasiswa bisa bersinergi bersama kami dari pihak kepolisian untuk bersama-sama menangkal paham radikalisme masuk di dunia kampus, karena mahasiswa adalah agen perubahan,”

Lanjut, ia juga memberikan tips bagaimana peran mahasiswa dalam menangkal radikalisme itu sendiri. Yakni:
– Saling menghormati dan menghargai
– Saling membantu dan mengingatkan
– Menghindari giat keagamaan yang eksklusif, tertutup di kalangan mahasiswa
– Introspeksi diri untuk memperbaiki kekurangan terkait intoleransi
– Bijak dalam menggunakan media sosial
– Hindari konten-konten intoleransi yang mengarah ke terorisme
– Mengisi waktu dengan kegiatan positif
[divider][/divider]

*Reporter- Sauki Maulana