Tim ENJ UNM 2018. (Foto: Ist)
Tim ENJ UNM 2018. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama warga Kayuadi tanam pohon di pesisir pantai Desa Nyiur Indah, Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, (10/8).

Ratusan pohon di tanam sepanjang pesisir pantai Nyiur Indah. Jenis pohon yang di tanam antara lain nyamplung, merbau dan asam.

Anggota divisi lingkungan, Fahril mengatakan penanaman pohon bertujuan guna mengurangi abrasi di sepanjang pantai. “Kami fokuskan di sekitar dermaga lantaran abrasinya agak mengkhawatirkan. Rencana kita akan tanam pohon sepanjang pantai pulau Kayuadi,” katanya.

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman ini menambahkan kepala desa Nyiur Indah dan Babinsa Kecamatan Taka Bonerate turut hadir dalam penanaman bibit pohon. Ia menilai kegiatan ini di respon antusias masyarakat.

“Siswa-siswi dan Ibu PKK Nyiur Indah juga turut terlibat. Kami bersyukur partisipasi masyarakat sangat besar,” tambahnya.

Kepala Desa Nyiur Indah, Awaluddin pun turut mendukung kegiatan penanaman bibit pohon yang dilakukan delegasi ENJ UNM. “Kami sangat terbantu apalagi kami sangat membutuhkan penghijauan pantai di Kayuadi,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator ENJ UNM, Muh Wija Hadi Perdana mengatakan tak hanya penanaman pohon yang dilaksanakan. Kegiatan ini dirangkaian aksi bersih pantai dan senam sehat.

“Lima hari kami berada di desa Nyiur Indah berbagai program kerja telah kami lakukan dari mengajar di sekolah sampai penanaman bibit pohon,” tutupnya.

[divider][/divider]

*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah