Tim PKM FMIPA UNM, Irwan dan Jafaruddin. (Foto: Ist)
Tim PKM FMIPA UNM, Irwan dan Jafaruddin. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar pelatihan pengolahan hasil perkebunan. Kegiatan ini berlangsung di Rumah Kelompok Mitra PKM, Dusun Paladang, Kecamatan Lasinrang, Kabupaten Pinrang, Jumat (10/8).

Ketua Tim, Irwan mengatakan kelompok mitra yang terdiri dari 10 orang dilatih untuk membuat barongko dan nugget menggunakan terong sebagai bahan dasarnya. Terong merupakan komoditi yang melimpah di Dusun Paladang, sehingga diharapkan melalui pelatihan ini mereka sudah tidak langsung menjual hasil panen terongnya dengan harga murah, melainkan mengolahnya menjadi produk bernilai ekonomis.

“Di Dusun Paladang terong sangat melimpah, sehingga masyarakat cenderung menjualnya dengan harga murah. Melalui pelatihan ini kami ingin berbagi dengan mereka bagaimna mengolah terong menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis,” katanya.

Lebih lanjut, Irwan menuturkan masyarakat sangat antusias mengikuti pelatihan ini, terutama saat membuat olahan yang belum pernah mereka pikirkan sebelumnya. Para peserta mengharapkan agar masih ada lagi inovasi dan kreatifitas yang bisa dikembangkan.

“Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan ini, karena menurut mereka olahannya unik. Mereka juga sangat berharap kedepannya masih ada inovasi yang bisa dikembangkan,” tuturnya.

[divider][/divider]

Reporter: Wahyu Riansyah