Rektor UNM, Husain Syam menyampaikan kata sambutan pada acara Ramah Tamah Wwsudawan PPs UNM. (Foto: Dasrin-Profesi)
Rektor UNM, Husain Syam menyampaikan kata sambutan pada acara Ramah Tamah Wwsudawan PPs UNM. (Foto: Dasrin-Profesi)

PROFESI-UNM.COM– Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Husain Syam dalam sambutan Acara ramah tamah Program Pascasarjana UNM, Rabu (8/8) mengatakan, mahasiswa harus ditanamkan jiwa entrepreneurship demi mewujudkan visi UNM.

Adapun Visi UNM yaitu sebagai pusat pendidikan, pengkajian dan pengembangan Ilmu pengetahuan, sains, teknologi dan seni berwawasan kependidikan dan kewirausahaan, ini sering dipertanyakan. Adanya kata Kewirausahan dalam visi tersebut merupakan suatu tantantangan karena sering menuai pertanyaan, khususnya dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Ia menjelaskan, di UNM memang ada beberapa unit usaha, namun itu bukan jawaban dari visi tersebut, karena tidak mencakup keseluruh sivitas. “Jadi salah satu cara yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut ialah memperadakan matakuliah kewirausahaan,” Katanya.

Ia mengatakan, jika kita ingin mempertahankan visi tersebut, maka kita harus merubah kurikulum. Dalam kurikulum harus ada matakuliah Kewirausahaan. Satu satunya cara yang ia sebutkan ialah, dengan mengeluarkan matakuliah yang dinilainya tdk terlalu penting atau mengurangi jumlah SKS.

“Ini bukan berarti bahwa kita ingin melahirkan orang wirausahawan tetapi, bagaimna kita bisa menanamkan jiwa wirausaha kepada alumni, karena itu sangat penting dalam dunia kerja” Ucapnya.

Lanjut ia menegaskan, ditahun ajaran 2018/2019 itu sudah harus diterapkan kesemua prodi. “Program diploma tiga (D3) juga harus ada matakuliah kewirausahaan” Tegasnya.

[divider][/divider]

*Reporter: Dasrin