TIM ENJ UNM 2018. (Foto: Ist)
Tim ENJ UNM saat melakukan sosialisasi lingkungan di Pulau Kayuadi, Rabu, (8/8)(Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Tim Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar sosilisasi lingkungan sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan Pulau Kayuadi. Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Nyiur Indah, Rabu (8/8).

Anggota Divisi Lingkungan, Fahril mengatakan, Indonesia menduduki peringkat ke dua di dunia dalam hal produksi sampah. Yang terlibat dalam sosialisasi, yaitu Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Desa Nyiur Indah.

“Kita fokuskan pada bahaya sampah di Pulau Kayuadi. Apalagi sekarang produksi sampah telah mencapai 67 juta ton di negara kita,” katanya.

Lanjut, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris membeberkan perlu ada aturan yang ketat dan edukasi yang baik terhadap masyarakat guna mengurangi sampah. Ia berpandangan peran pemerintah daerah sangat di perlukan, apalagi Kayuadi adalah pintu masuk ke Pulau Tinabo.

“Sangat diperlukan pengelolan yang bijak. Apalagi ini pintu masuk ke pulau Tinabo. Jadi, mau tidak mau harus di perhatikan, terutama dari segi estetika,” ujarnya.

Dia juga menghimbau kepada siswa untuk turut berpartisipasi dalam aksi bersih pantai dan penanaman pohon yang akan dilaksanakan Jum’at (10/8) mendatang.

“Ayo adik-adik kita bersihkan pantai kita, sedikit banyak aksi kita dapat mengurangi sampah di pantai,” ucapnya dalam sosialisasi lingkungan. (*)

*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah