Rumah kos-kosan. (Foto: Int)
Rumah kos-kosan. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM– Kata kost tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga, apalagi Mahasiswa yang melanjutkan pendidikannya di luar kota. Namun dalam memilih kost bukanlah hal yang gampang. Harus melakukan survey dari berbagai aspek. Karena bagaimanapun juga kost akan menjadi rumah selama kita menjalankan studi.

Berikut ada beberapa tips untuk memilih kost terbaik yang harus kamu ketahui.

  1. Pilih lokasi yang strategis, lokasi menjadi aspek pertama yang harus kamu perhatikan saat memilih kosan. Jika kamu tidak ada kendaraan lebih baik pilih kosan yang berada di dekat kampus. Selain itu pilihlah kos yang dekat dengan berbagai tempat seperti pasar, supermarket dan warung makanan.
  2. Keamanan Tempat Kost, ini dia hal yang harus Kamu selidiki betul, biasanya ada tempat kost yang harga sewanya murah tetapi hanya jebakan, mungkin yang punya kost komplotan pencuri, atau memang disitu rawan tindak kejahatan, hal-hal yang tidak di sangka bisa saja terjadi.
  3. Fasilitas kost, saat memilih kos-kosan, jangan terlalu mematok harga yang murah, namun fasilitasnya sama sekali tidak sesuai denganmu. Apalagi jika fasilitas untuk menunjang kegiatanmu sehari-hari tidak memadai, seperti: Wi-Fi. Maka dari itu, ketahui dulu kebutuhan untuk memperkirakan biaya kos yang akan dibayarkan setiap bulannya. Jangan lupa untuk membandingkan antara harga kosan yang satu dengan yang lainnya untuk hasil terbaik.
  4. Harga, nah ini penting juga, setelah melihat-lihat fasilitasnya kamu harus pertimbangkan juga harganya. Beberapa kos biasanya menerapkan harga per tahun, per tiga bulan dan per bulannya. Sebagai pemula lebih baik kamu pilih harga per bulan atau tiga bulan untuk mengetahui lingkungan masyarakat di kosmu. Setelah betah kamu bisa lanjutkan untuk harga setahun.
  5. Pilih Rumah Kost Yang Tenang, menjadi mahasiswa mewajibkan Kamu untuk bisa beristirahat dan belajar dengan cukup. Kamu pasti tidak ingin terganggu dengan kebisingan atau keributan (misalnya tetangga dangdutan tengah malam, ngobrol sampai pagi, dan sebagainya) mengganggu ketenangan tidur atau aktivitas belajar.

Nah, oleh karena itu usahakan untuk memilih rumah kost di lingkungan yang tenang, agar Kamu bisa belajar dan beristirahat dengan nyaman. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Kurnia