Pemeriksaan hasil kelompok kerja kelas Tirto di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Kamis (5/7) (Foto:Ist)

Pemeriksaan hasil kelompok kerja kelas Tirto di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Kamis (5/7) (Foto:Ist)

PROFESI-UNM.COM – Tirto.id menggelar kelas tirto di Makassar, dimana kelas tersebut terbagi 3 macam kelas pelatihan, yaitu kelas penulisan, metodologi penelitian, serta infografik. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Prof. Syukur Abdullah, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin (Unhas), Kamis (5/7).

Kegiatan tersebut dibuka pukul 8.00 pagi oleh Chief Executive Officer (CEO) sekaligus Founder Tirto.id, Sapto Anggoro. Dalam sambutannya kepada para peserta, ia juga bercerita tentang prestasi yang telah ditoreh Tirto.id selama 2 tahun berdirinya.

“Tirto.id membuat empat puluh sampai lima puluh infografik dalam sehari. Menjadikan Tirto.id sebagai media pembuat infografik terbanyak di Indonesia,” katanya.

Peserta dibagi ke 3 ruangan kelas, salah satunya kelas Infografik dimana materinya dibawakan oleh keren dari bagian sosial media serta pandji dari bagian multimedia. Materi dimulai pukul 10.00 siang hingga pukul 13.00 siang, dilanjutkan istirahat makan siang.

Berbagai kiat-kiat dalam membuat konten visual yang menarik diberikan oleh kedua pemateri, mulai dari poin utama perlu diperhatikan untuk membuat konten visual hingga penggunaan warna yang menarik.

Peserta tidak sekedar diberikan materi saja namun peserta diberi kesempatan untuk membuat konten visual sendiri. Setelah coffee break pukul 15.15 peserta dikumpulkan kembali kedalam satu ruangan lalu dibentuk jadi 8 kelompok, dimana setiap kelompok diberikan waktu 1 jam untuk mencari isu dan menuliskan apa saja yang dirasa menarik dari isu tersebut serta menggambarkan infografiknya pada kertas berukuran A2. Kegiatan ini berakhir pukul 18.00.

[divider][/divider]

*Reporter: Zulhijaya