Sampah Plastik (Foto: Okezone.com)
Sampah Plastik (Foto: Okezone.com)

PROFESI-UNM.COM-Plastik merupakan temuan yang sangat bermanfaat sepanjang perjalanan sejarah manusia. Plastik mempunyai sifat yang tahan air, tahan lama, dan praktis sehingga dianggap paling tepat sebagai kemasan atau pelindung segala hal. Tanpa sadar, kehidupan kita begitu bergantung dengan benda ini.

Sampah plastik ini dihasilkan setiap hari, ada yang dibuang begitu saja, tertiup angin atau masuk ke tong sampah untuk tiba di TPA tanpa pengolahan yang semestinya. Diperkirakan satu orang menggunakan sekitar 700 kantong plastik setiap tahunnya.

Tahu tidak, kalau Indonesia merupakan penghasil sampah plastik kedua terbanyak di dunia.

Berikut langkah kecil yang bisa kamu ambil untuk mengurangi konsumsi plastik harianmu.

1. Membawa Tas Belanja Sendiri

Say “No” saat kasir memasukkan barang belanjaanmu ke dalam plastik, dan serahkan tas belanja yang kamu sendiri.

2. Membawa Tumbler atau Botol Air Minum Sendiri

Tumbler air minum yang kamu bawa sendiri bisa mencegah timbunan botol plastik minuman. Selain itu, kamu bisa menghemat uang yang kamu gunakan untuk membeli air minum dalam kemasan.

3. Gunakan Kotak Bekal Untuk Membungkus Makanan

Beli nasi di warteg tanpa plastik bisa dilakukan dengan membawa kotak bekal sendiri. Serahkan kotak bekal kosongmu kepada si penjual untuk diisi dengan menu kesukaanmu. Jangan lupa pula bawa tote bag untuk tempat kotak bekalmu, ya.

4. Berhenti Menggunakan Sedotan dan Sendok/Garpu Plastik Sekali Pakai

Barang plastik sekali pakai seperti sedotan dan sendok plastik menyumbang sampah plastik cukup besar. Untuk menyiasatinya, bawa sendiri peralatan makan seperti sendok dan garpu dan beranikan bilang tidak kepada si penjual. Sekarang sudah ada juga, kok, sedotan yang reusable alias dapat digunakan berulang-ulang.

5. Kurangi Produk yang Menggunakan Kantong Plastik

Produk dalam kemasan plastik memang praktis. Namun kepraktisan itu terkadang dan sering kali berdampak buruk pada lingkungan. Sebagai solusi, kamu bisa membeli produk secara curah dan meminta si penjual untuk mengisi wadah yang kita bawa dengan barang yang kita inginkan.

6. Simpan Produk Ke dalam Botol atau Jar

Sebagai ganti bungkus plastik, kamu bisa memanfaatkan botol atau jar untuk wadah produk-produk berlebih, seperti tepung, bumbu-bumbu masakan, maupun produk perawatan tubuh seperti sabun.

7. Rencanakan Daftar Belanja

Membuat list belanja membuatmu mampu memperkirakan tempat yang musti kamu bawa untuk berbelanja nanti. Ini perlu dilakukan untuk menghindari penggunaan kantong plastik yang baru. Selain ramah lingkungan, membuat daftar belanja mampu menghemat pengeluaran.

Perubahan besar selalu dimulai dengan tindakan sederhana. Pengendalian sampah bukan hanya melalui kegiatan daur ulang. Mengurangi timbulan sampah plastik juga salah satu cara untuk mengatasinya. Sudah saatnya kita memikirkan keberlanjutan lingkungan dengan memperhatikan sampah yang kita hasilkan

[divider][/divider]

*Reporter: Masturi