Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam (Foto: Wahyudin - Profesi)

 

Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam (Foto: Wahyudin – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam mengungkapkan bahwa dirinya siap untuk menangkal radikalisme dan terorisme di kampus. Hal tersebut ia ungkapkan usai mengadakan buka puasa bersama di Rumah Jabatan Rektor, Kamis (7/6).

“Saya kemarin, dari sekian ribu perguruan tinggi, itu hanya delapan rektor yang diundang untuk upacara di Gedung Pancasila dalam rangka memberi penguatan bahwa UNM itu siap untuk menangkal radikalisme dan terorisme. Itu komitmen kita. Percaya bahwa kita berkomitmen,” katanya.

Eks Dekan Fakultas Teknik (FT UNM) dua periode ini bahkan tidak akan memberi toleransi kepada oknum yang terpapar paham radikal. Ia akan melakukan tindakan karena menurutnya ini bisa menghancurkan tali persaudaraan sesama warga negara.

“Kalau ada itu, pasti kita akan lakukan sebuah tindakan-tindakan dan tidak akan membiarkan paham-paham yang ingin memaksakan kehendaknya sendiri. Itu kan paham radikal yang tidak peduli dengan orang lain. Nah kita ini harus berdemokrasi yang baik,” ujar Husain.

Husain Syam bersama semua pimpinan unit pun akan terus mengawal keberadaan mahasiswa UNM. Utamanya, kata Husain, alumni yang mendapatkan paham diluar yang memungkinkan masuk ke kampus mempengaruhi mahasiswa.

“Kita selalu mengantisipasi yang memungkinkan hadirnya radikalisme seperti yang ada di Riau,” tutur Husain saat diwawancarai awak media. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Wahyudin