Makanan sehat (Poto: Int).
Makanan sehat (Poto: Int).

PROFESI-UNM.COM Puasa merupakan salah satu ritual yang dijalani oleh sebagian masyarakat untuk memenuhi tuntutan agama. Bagi umat islam, puasa merupakan sebuah ibadah yang wajib dijalani setiap hari selama Bulan Ramadhan.
Agar puasa dapat berjalan dengan lancar, berikut tips-tips yang harus diperhatikan;

1. Penuhi kebutuhan kalori dan nutrisi
Agar tubuh tetap fit selama Bulan Ramadan, kebutuhan kalori dan nutrisi dalam tubuh harus terpenuhi. Jika pada saat hari biasa tubuh memerlukan kalori sebanyak 2000 kkal, di bulan puasa tubuh hanya perlu kalori sebanyak 1000 – 1500 kkal. Jadi karena jumlahnya menurun, pastikan kebutuhan kalori dan
nutrisi untuk tubuhmu terpenuhi ya.

2. Penuhi kebutuhan air sesuai anjuran
Kebutuhan cairan yang harus dipenuhi adalah minimal delapan gelas dalam sehari. Kamu gak perlu minum delapan gelas langsung pada saat berbuka atau sahur. Kamu bisa membaginya menjadi dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dua gelas setelah tarawih dan dua gelas sebelum tidur.

3. Lakukan aktivitas fisik yang ringan
Siapa bilang jika pada saat puasa tubuh tidak membutuhkan olahraga? Hal ini justru salah! Tubuh tetap membutuhkan adanya aktivitas fisik untuk menjaga stamina selama bulan puasa. Kamu tidak harus melakukan olahraga yang berat, cukup jogging atau simple exercise lainnya.

4. Istirahat yang cukup
Kebanyakan orang memiliki pola tidur yang kurang teratur pada saat bulan puasa. Hal ini disebabkan karena adanya ritual sahur yang harus dilakukan pada saat dini hari menjelang subuh. Cara yang tepat agar jam tidurmu tetap terpenuhi, pastikan kamu tidur lebih awal dibanding hari biasanya. Sehingga kebutuhan tidur 7-9 jam per hari tetap bisa terpenuhi.

5. Pola sehat makan sahur
Disaat bersahur, makanlah buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Usahakan untuk bersantap sahur mendekati saat imsak

6. Lakukan konsultasi saat terjadi gangguan kesehatan
Jika kamu sudah mengatur pola hidup selama puasa tapi tetap saja gangguan kesehatan datang, lakukan konsultasi pada dokter segera.

Reporter: Wahyu Riansyah