Ilustrasi sahur.(Foto: Int)
Ilustrasi sahur.(Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Beberapa orang memang bermasalah dengan bangun sahur. Hal tersebut tentunya masih diperlukan penyesuaian akibat pola hidup yang berubah saat bulan Ramadan.

Pada jam biasanya kita memang masih terlelap, nah di bulan ini kita diharuskan sudah mempersiapkan menu sahur.

Jika kamu termasuk salah satu yang bermasalah dengan jam bangun sahur, berikut ini ada tips mudahnya agar bisa bangun tepat waktu,

1. Tidurlah pada saatnya.

Jangan terlalu ngantuk atau lelah saat tidur. Atur waktu dengan sangat baik. Jangan pula terlalu lelah. Tidur dalam kondisi yang terlalu lelah akan membuatmu sulit bangun.

2. Selalu pasang alarm.

Meskipun cara ini sangat klasik, namun hampir 90% selalu berhasil.

3. Siapkan Makanan Darurat

Tidak semua orang sempat masak, apalagi mereka yang tinggal terpisah dengan orangtua atau tinggal sendiri. Siapkan makanan darurat seperti kurma, pisang, roti dan minuman penting seperti air putih atau susu untuk berjaga-jaga apabila kamu telat bangun sahur.

4. Berbuka Secukupnya

Kamu juga disarankan untuk berbuka secukupnya. Kamu juga perlu menjaga pola makan saat berbuka. Makanan berbuka yang terlalu berat dan banyak dikonsumsi, mudah membuat kita mengantuk dan pencernaan menjadi berat sehingga mengakibatkan kita mudah telat bangun sahur. (*)

*Masturi