Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR 1), Muharram. (Foto: Resa Saputra - Profesi)
Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR 1), Muharram. (Foto: Resa Saputra – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan pilihan uang kuliah tunggal (UKT) tertinggi kepada calon mahasiswa baru yang lulus jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan SBMPTN.

Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) UNM, Muharram mengatakan bahwa ini salah satu kebijakan baru. Melalui surat pernyataan ini, calon mahasiswa baru disuruh memilih apakah mau mengambil UKT tertinggi atau mau berdasarkan sistem.

“Kan ada juga yang mau itu UKT tertinggi. Kalau di Solo kan begitu,” katanya saat konferensi pers usai memantau tes SBMPTN, Selasa (8/5).

Muharram juga menjelaskan bahwa jika berdasarkan sistem bisa saja biaya kuliahnya mencapai 10 juta yang ditetapkan di pusat kalau misalnya pendapatan orang tuanya juga tinggi. Sementara UKT tertinggi yang ada di UNM yaitu 8,5 juta untuk Jurusan Psikologi.

“Kenapa diambil karena, misalnya 8,5 bisa saja ada yang lebih sampai 10 juta kalau berdasarkan sistem. Kalau pendapatannya tinggi. Jadi nanti setelah dia pilih itu disuruhmi buat surat pernyataan,” jelasnya. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Syahru Ramadhan