Pengukuhan Guru Besar UNM, Muhammad Arifin Ahmad di Ruang Teater Menara Pinisi UNM. (Foto: Syahru-Profesi)
Pengukuhan Guru Besar UNM, Muhammad Arifin Ahmad di Ruang Teater Menara Pinisi UNM. (Foto: Syahru-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Dosen asal Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM), Muhammad Arifin Ahmad secara resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar lingkup UNM di Ruang Teater Menara Pinisi UNM (12/2).

Lelaki asal Polewali Mandari ini melakukan penelitian dengan dua perpaduan keilmuan sekaligus yakni dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan.

Dengan mengangkat judul “Evaluasi Kinerja Konselor Sekolah dalam Prespektif Aspek-aspek Sosiologis” dalam orasinya, Arifin Ahmad menjelaskan, kompleksitas masalah anak didik selama ini bersumber dari dua hal yakni instruksional dan non instruksional.

“Tantangan dan permasalah peserta didik, akhir-akhir ini makin kompleks, adanya kerawanan-kerawanan sosial dikalangan peserta didik, aspek-aspek permasalahan tersebut amat terkait dengan bidang BK,” jelasnya.

Ia pun menegaskan, berkembangnya zaman menjadi tantangan tersendiri bagi konselor untuk memainkan peran signifikan membantu peserta didik.

Ia membeberkan, motivasi tersebutlah yang mendorongnya untuk melakukan penelitian dalam bidang tersebut.

“Situasi sekarang akan menantang konselor untuk memainkan peran. Hal inilah yang memotivasi penelitian dan perhatian saya dan saya tuangkan dalam pidato pengkuhan profesor ini,” tandasnya. (*)

*Reporter: Nurul Charismawaty S