Mahasiswa baru calon penerima biasiswa bidikmisi mengumpulkan berkas pada saat ingin diwawancarai. - (Foto: Dasrin - Profesi)
Mahasiswa baru calon penerima biasiswa bidikmisi mengumpulkan berkas pada saat ingin diwawancarai. – (Foto: Dasrin – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) telah membuka pendaftaran Bidikmisi pada 15 Januari hingga 30 September mendatang.

Bagi siswa yang telah lulus tahun 2017 dan 2018 dapat mendaftar melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK, Politeknik, atau Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi secara online pada laman Bidikmisi http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Berikut mekanismenya:

1. Sekolah mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman Bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran 1 bagian persetujuan dan tanda tangan) untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah;

2. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja;

3. Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui laman Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan kode akses yang telah diverifikasi.

4. Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing-masing siswa yang sudah direkomendasikan;

5. Siswa mendaftar melalui laman Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta di dalam sistem pendaftaran.

6. Siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran Bidikmisi mendaftar seleksi nasional atau mandiri yang telah diperoleh sesuai ketentuan masing-masing pola seleksi melalui alamat berikut:

– SNMPTN melalui http://www.snmptn.ac.id
– SBMPTN melalui http://www.sbmptn.ac.id
– PMDK Politeknik melalui http://pmdk.politeknik.or.id
– Seleksi Mandiri PTN sesuai ketentuan masing-masing PTN
– Seleksi Mandiri PTS sesuai ketentuan masing masing PTS.

6. Siswa yang mendaftar dan ditentukan lolos melalui seleksi masuk. melengkapi berkas, dan berkas dibawa pada saat pendaftaran ulang. (*)


*St. Aminah