Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. (Foto: Dok.Profesi)
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. (Foto: Dok.Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Tak melulu mencari dan membaca buku untuk tambahan referensi kuliah, ternyata banyak hal lain yang bisa kamu lakukan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Negeri Makassar (UNM). Mulai dari belajar bahasa asing sampai mencari souvenir khas UNM bisa kamu lakukan. Yuk cek hal apa lagi yang bisa kamu lakukan di Perpustakaan UNM.

1.Browsing dan Menggunakan Komputer
Koneksi Internet menjadi hal yang tidak dapat dilepaskan lagi dengan mahasiswa masa kini. Perangkat pendukung seperti laptop dan notebook juga menjadi barang wajib bagi mahasiswa. Tapi bagaimana jika kamu tidak punya keduanya? mungkin perpustakaan bisa jadi solusinya. Di lantai tiga, ruang referensi menyediakan beberapa unit komputer yang bisa kamu gunakan untuk kepentingan kuliah, atau sekadar untuk browsing. UPT Perpustakaan juga dilengkapi dengan wifi yang bisa kamu gunakan dengan berbekal NIM dan kode mahasiswa yang terdapat di slip pembayaran kamu.

2.Belajar Bahasa Asing
Di Perpustakaan Umum juga terdapat beberapa bentuk kerja sama pihak UNM dengan pihak lain. Seperti Pojok India dan Warung Perancis, kedua tempat ini menyediakan jasa kursus bahasa asing bagi yang berminat. Terletak di lantai dua perpustakaan. Kedua tempat ini juga dapat dikunjungi untuk mencari informasi terkait beasiswa untuk kedua negara tersebut.

3.Belanja Buku
Selain membaca buku, kamu juga bisa membeli buku di Perpustakaan UNM. Kamu cukup datang ke lantai satu perpustakaan, disitu ada dua tempat yang sama-sama bisa kamu masuki untuk membeli buku yang sedang kamu cari. Pertama Phinisi Books, yang menyediakan baik buku baru ataupun buku lama. Kedua Badan Penerbit UNM yang beberapa waktu lalu pindah dari Hotel La Macca yang tentunya menyediakan buku karya sivitas akademika UNM. Tak jarang UPT perpustakaan juga melakukan bazar buku, yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari buku murah.

4.Cari Souvenir Khas UNM
Ada kenalan dari luar kota atau kerabat yang datang mengunjungi? Mau memberikan buah tangan khas UNM tapi bingung cari dimana?. Mungkin kamu bisa mengunjungi lantai satu perpustakaan UNM, dan memasuki salah satu ruangan dengan banner Phinis Books di atasnya. Sebab selain menjajakan buku, tempat ini juga menyediakan berbagai souvenir khas UNM dengan logo phinisinya, seperti kaos, mug, atau bahkan replika kapal phinisi itu sendiri.

5.Nonton Bareng
Dilantai dua perpustakaan, terdapat ruang Sinema Mini yang terkadang memutarkan film yang bisa kamu tonton secara gratis. Untuk mencari informasi, kamu cukup memantau mading di lantai satu. Pemutaran film ini juga bisa kamu manfaatkan untuk ajang hiburan, bersama teman-teman kamu. (*)


*Faisal Fajar