Pamflet Gebyar Seni Budaya dan Olahraga (Gasebo) peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Majene (Foto: Ist.)
Pamflet Gebyar Seni Budaya dan Olahraga (Gasebo) peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Majene (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan mengadakan Gebyar Seni Budaya dan Olahraga (Gasebo). Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Stadion Prasamnya, Majene, 10 hingga 18 November mendatang.

Kegiatan yang bertema “Teropong Budaya” ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya bahasa daerah Mandar.

Ketua panitia, Rahmat mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk dan upaya untuk memperkenalkan budaya serta bahasa kepada masyarakat baik dari dalam maupun masyarakat luar akan pentingnya budaya.

“Kegiatan ini sebagai upaya untuk menyadarkan kembali masyarakat akan pentingnya budaya maupun bahasa lokal yang saat ini sudah hampir hilang. Sehingga dengan adanya Gasebo yang dilaksanakan oleh peserta KKN UNM ini dapat mencapai misinya,” ungkapnya saat dihubungi (5/10/2017).

Mahasiswa Jurusan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) Fakultas Seni dan Desain (FDS) ini menambahkan, akan ada delapan Lomba di event Gasebo nantinya. Mulai tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Untuk tingkat TK ada lomba mewarnai dan senam, untuk tingkat SD ada lomba Enggrang dan baca puisi bahasa Mandar, untuk tingkat SMP ada lomba mendongeng bahasa Mandar dan tenis meja, untuk tingkat SMA ada lomba bola voli dan monolog,” tutupnya (*)


*Reporter: Zulhijaya / Editor: Nurul Atika