Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar (UNM) - (Foto: Int.)
Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar (UNM) – (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM– Sosok pemenang sayembara desain Menara Pinisi, Yu Sing mendapat hadiah sebesar Rp 40 Juta. Ini di peroleh Yu Sing saat mengikuti lomba pada tahun 2008. Dari beberapa karya yang ada, desain pria kelahiran Bandung ini dianggap paling menarik dan mewakili identitas lokal Sulawesi Selatan.

Yu Sing merupakan seorang arsitek muda yang lahir di Bandung pada 5 Juli 1976. Ia menyelesaikan pendidikan arsitekturnya di Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1999. Saat lulus kuliah, Ia mendirikan studio arsitektur bernama Genesis.

Seiring berjalan waktu, 2011 Genesis berubah nama menjadi akanoma, yang merupakan singkatan dari akar anomali yakni, memperkuat komitmen untuk senantiasa berakar pada konteks potensi Indonesia dan persoalan masyarakat yang terpinggirkan.

Tak hanya desain Menara Pinisi, Yu Sing telah beberapakali menjuarai desain bangunan, diantaranya pemenang ke-1 Gereja Kristen Indonesia Anugerah Bandung, pemenang ke-2 Sekolah internasional BPK Penabur Singgasana Pradana Bandung, pemenang ke-1 TK Internasional BPK penabur Bahureksa Bandung, pemenang ke-3 Taman Rakyat Cimahi, Top 10 Fasade Rumah Ide, pemenang ke-1 Desain Muka Jakarta Desain Centre. (*)


*Wahyudin