Unit kegiatan mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan latihan penaikan bendera untuk persiapan Hari Pendidikan Nasional di halaman Audiotorium Amanagappa - (Foto: Karmila - Profesi0
Unit kegiatan mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan latihan penaikan bendera untuk persiapan Hari Pendidikan Nasional di halaman Audiotorium Amanagappa – (Foto: Karmila – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Unit kegiatan mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan latihan penaikan bendera untuk persiapan Hari Pendidikan Nasional. Latihan ini berlangsung di halaman Audiotorium Amanagappa pada 26 April sampai 1 Mei mendatang.

Reka Kerja Opu UKM Pramuka, Sutriana mengatakan, persiapan ini dilakukan guna melatih pengibaran bendera. “Ini adalah latihan untuk persiapan pengibaran bendera di hari pendidikan yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2017 mendatang,” ujarnya.

Mahasiswa angkatan 2013 ini juga menambahkan, UKM Pramuka telah mengemban tugas pengibaran bendera tiap tahunnya. Selain itu, ini merupakan salah satu rangkaian penerimaan anggota baru.

“Karena disini kakak-kakak juga diajarkan tentang PBB yang merupakan latihan bagi calon anggota baru,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan jumlah keseluruhan mahasiswa yang telah melakukan pendaftaran calon anggota baru UKM Pramuka sebanyak 145 mahasiswa. Mereka pun tersebar dari berbagai fakultas yang ada di UNM.

“Sebanyak 147 calon anggota baru yang mendaftar,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum Opu, Rahmi mengatakan bahwa, dengan latihan ini bukan hanya menguji kemampuan baris-berbaris tetapi juga kedisiplinan baik senior maupun calon anggota baru. Disamping mempererat tali silaturahmi antar anggota dan pengurus yang berasal dari berbagai fakultas.

“Disini juga kedisiplinan dilatih baik panitia maupun peserta jika ada yang terlambat akan diberi sangksi ringan seperti mengelilingi lapangan,” katanya. (*)


*Reporter: Karmila