Kontes Robot Indonesia (KRI) untuk kategori robot sepak bola yang digelar beberapa waktu yang lalu - (Foto: Int)
Kontes Robot Indonesia (KRI) untuk kategori robot sepak bola yang digelar beberapa waktu yang lalu – (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Tim Robotron Universitas Negeri Makassar (UNM) direncanakan akan mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) untuk regional dua di Universitas Telkom, Bandung, Jawa Barat. Kegiatan bakal berlangsung pada 18 hingga 20 Mei mendatang.

Ketua Tim Robotron UNM, Akmaluddin menjelaskan, persiapan untuk mengikuti lomba ini sudah dimulai sejak lama. Pasalnya, KRI merupakan lomba robot terbesar di Indonesia yang digelar oleh pihak Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Saat ini, robot yang akan diikutkan dalam kontes pun tengah dirakit secara maksimal.

“Persiapannya masih dalam tahap pembuatan sistem kontrol robot, pembuatan mekanik untuk penendang bola dan penangkap bolanya serta untuk menggiring bola,” jelasnya.

Mahasiwa Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT ini menuturkan, bahwa kontes ini masih dalam tahap regional. Namun, pihaknya telah menargetkan untuk bisa meraih juara dan dapat masuk dalam KRI tingkat nasional nantinya.

“Targetnya teman-teman bisa lolos tingkat nasional karena ini baru regional minimal itu juara 3 kalau mau lolos tingkat nasional,” tutur mahasiswa asal Mamuju Utara ini.

Lanjut, ia berharap mendapat dukungan dari semua pihak agar nantinya lancar dalam mengikuti kegiatan ini, utamanya dalam pengurusan dana dan perakitan robot. Ia juga menginginkan untuk meraih juara dan ikut ke tingkat nasional.

“Semoga bisa sampe disana dengan selamat baru dapat juara baru lanjut tingkat nasional,” harapnya. (*)


*Reporter: Muh. Agung Eka S