Bestra FBS UNM melakukan teatrikal dengan turun ke jalan dalam rangka memperingati hari kartini - (Foto: Ist)
Bestra FBS UNM melakukan teatrikal dengan turun ke jalan dalam rangka memperingati hari kartini – (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Memperingati hari Kartini yang jatuh pada 21 April, Bengkel Sastra (Bestra) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) memperingatinya dengan menggelar teatrikal turun ke Jalan. Pertunjukan itu dimulai dengan berjalan dari Lapangan Basket FBS sampai sepanjang Jalan Malengkeri.

Kepala Suku, Agus menyampaikan bahwa teatrikal itu merupakan salah satu bentuk memperingati hari kartini. Menurutnya, masih banyak masyarakat yang tidak tahu mengenai hari kartini.

“Teatrikal tadi dilakukan oleh semua perempuan dan berjalan disepanjang jalan malengkeri sambil membawa spanduk bertuliskan selamat hari kartini, juga banyak tidak tahu kalau hari ini hari kartini,” tuturnya.

Mahasiswa Angkatan 2013 ini juga menambahkan bahwa teatrikal yang dilaksanakan sebagai simbol kesejajaran antara laki-laki dan perempuan. Sebagai perempuan bukan berarti hal yang dilakukan oleh laki-laki tidak bisa dilakukan oleh perempuan.

“Perempuan tidak selalu di dapur saja tapi bisa turun di jalan dalam arti perempuan juga bisa bekerja seperti laki-laki,” tambahnya.

Senada, Sekeretaris Suku Bestra, Al-Qadri juga menjelaskan bahwa bukan hanya hari Kartini yang harus diperingati, tetapi banyak peringatan hari-hari besar lainnya.

“Bentuk rasa nasionalisme selain haya berlembaga dan berkesenian,” jelasnya.(*)

*Reporter: Dewi Ulfah