Gedung Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNM - (Foto: Dok. Profesi)
Gedung Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNM – (Foto: Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Fakultas Imu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka pendaftaran untuk calon dekan periode 2017-2022. Pendaftaran mulai dibuka sejak 17 April hingga 22 April mendatang.

Ketua Panitia, Najamuddin menjelaskan, untuk pendaftaran kali ini, dosen dapat membawa sejumlah berkas. Diantaranya, surat pernyataan bersih dari catatan kriminal, surat pernyataan kesediaan menjadi calon dekan, surat pernyataan tentang tidak dalam masa studi lebih dari enam bulan, dan surat persetujuan dari program studi (Prodi).

“Waktu pendaftaran itu sudah dibuka dan ditutup sampai hari sabtu,” jelasnya.

Lanjut, Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan (PD III) FIS ini mengatakan, dosen yang berhak mengajukan diri sebagai calon ialah minimal pendidikan strata dua dengan jabatan fungsional, yakni lektor kepala.

“Paling tidak lektor kepala, dan menduduki jabatan manajerial di UNM, seperti ketua prodi,” tutur Pria asal Gowa ini.

Terdapat empat tahap untuk pemilihan, yaitu tahap penjaringan peserta pemilihan dekan, penyaringan bakal calon dekan, tahap pemilihan calon dekan, dan penetapan sekaligus pelantikan dekan.

“Yang beda tahun ini, ada pemaparan visi dan misi dari calon dekan dengan syarat harus lulus berkas,” ujarnya.

Dosen Prodi Sejarah ini menyampaikan, tidak ada batasan kuota untuk calon pendaftar. Semua dosen yang ada di FIS dapat ikut dalam pendaftaran ini dengan memenuhi syarat yang ditetapkan.

“Pendaftar jumlahnya tidak dibatasi, terserah kalau ada yang mau mendaftar membawa nama prodi bisa, datang perorangan juga bisa jadi tidak menutup kemungkinan dari satu prodi lebih satu pendaftar, “tutupnya. (*)


*Reporter: Dewi Ulfah