Mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), M. Dadang Wardana saat memamerkan tanaman sayurnya di kebun miliknya - (Foto: Ist)
Mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), M. Dadang Wardana saat memamerkan tanaman sayurnya di kebun miliknya – (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Berangkat dari hobinya menanam sayuran, mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), M. Dadang Wardana menjadikan hal tersebut sebagai usahanya. Bisnis yang digelutinya ini pun meraup omzet mencapai empat juta tiap bulannya.

Ia bercerita, bahwa dulunya memang mempunyai hobi menanam tanaman yang bisa dimanfaatkan orang sebagai kebutuhan pokok yakni sayur. Dari situlah, ia terpikir untuk memanfaatkan hobinya menjadi sebuah bisinis yang menguntungkan.

“Jadi dari dulu memang suka tanam-tanam, nah terus kita juga sekalian buat salurkannya ke bisnis,” ungkapnya saat dihubungi via sosial media, Kamis (20/4).

Lanjut, mahasiswa angkatan 2014 ini mengatakan, sayuran yang diberdayakannya memakai sistem aquaponic. Dimana tanaman tidak ditanam dengan media tanah melainkan air dan tanpa bahan kimia. Sehingga, sayuran dinilai aman untuk dikonsumsi.

“Jadi lebih sehat dan ramah lingkungan,” katanya.

Saat ini, terdapat delapan tanaman yang diberdayakan. Diantaranya, selada, pakcoy, daun mint, kangkung, tomat, lombok, strawberry, dan bayam. Bahkan, ia menanam bunga namun hanya saja tidak diperjual belikan.

“Yang saya tanam ada banyak,” ujar Pria yang kerap disapa Mas Bakar ini.

Lanjut, ia membeberkan modal awal untuk usaha ini cukup besar, yaitu Rp. 20 juta. Dukungan dari keluarga semakin memotivasinya untuk berkarir di usaha ini. Pasalnya, ibunya sejak kecil memang dikenal memiliki hobi merawat tanaman.

“Dari lama sih, soalnya ibu dari dulu suka nanam nah sekarang tertular,” tuturnya. (*)


*Reporter: Muh. Agung Eka S