Wisudawan terbaik UNM, Wasito saat memberikan sambutan dalam wisuda periode kedua yang berlangsung di Pelataran Menara Pinisi, Rabu (12/4) - (Foto: Ist)
Wisudawan terbaik UNM, Wasito saat memberikan sambutan dalam wisuda periode kedua yang berlangsung di Pelataran Menara Pinisi, Rabu (12/4) – (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatik dan Komputer (PTIK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri┬áMakassar (UNM), Wasito menjadi wisudawan terbaik dalam wisuda periode kedua kali ini. Pencapaian tersebut diraih setelah memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi dengan nilai 3,98.

Wasito mengatakan, bahwa menjadi wisudawan terbaik telah menjadi impian sejak dirinya baru memasuki bangku perkuliahan. Berbagai usaha lantas dilakukan, seperti membuat jadwal kegiatan akademik yang harus dilakukan setiap semester sehingga tidak ada waktu yang terbuang.

“Saya buat jadwal sendiri, jadi saya ikuti itu. Saya berusaha mungkin tidak melanggar itu, kalau sudah kuliah yah masuk kuliah,” tuturnya.

Mahasiswa asal Polewali Mandar (Polman) ini menjelaskan, ketika diberi tugas oleh dosen sebisa mungkin dikerjakan secepatnya. Sehingga apabila ada kegiatan lain yang ingin dikerjakan tidak akan molor dari waktu yang dijadwalkan. Bahkan, meski terkadang tugas menumpuk, ia tidak pernah meninggalkan kuliah sekalipun.

“Kuliah tentu saja jangan sampai dilewatkan, meski kita sibuk dengan tugas,” ujarnya.

Lanjut, ia menyebut bahwa motivasi dalam meraih IPK tinggi adalah beasiswa Bidik Misi yang diraihnya. Ia takut apabila beasiswa Bidi Misi tersebut dicabut. Dengan belajar dan terus masuk kuliah memungkinkan IPK yang didapat tidak mengalami penurunan.

“Kan saya penerima Bidik Misi, jadi harus terus ditingkatkan,” kata mahasiswa angkatan 2013 ini.

Ia menyarankan bagi mahasiswa yang ingin menjadi wisudawan terbaik agar tidak melupakan kuliah dan terus belajar. Apabila diberi tanggung jawab oleh dosen sebaiknya harus dilakukan. Bagi mereka yang berorganisasi, sudah seharusnya memanajemen waktunya sebaik mungkin.

“Saran saya jangan sekali-kali tinggalkan kuliah,” pesannya.

Sementara itu, Rektor UNM, Husain Syam mengucapkan selamat kepada seluruh lulusan atas sukses yang telah dicapai dalam menyelesaikan studi dan resmi menyandang secara resmi gelar akademik. (*)


*Reporter: Salmawati