Drone - (Foto: Ist)
Drone – (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) akanmembuat pelatihan pilot drone. Pendaftaran mulai dibuka sejak 7 Maret hingga 12 April mendatang.

Ketua Panitia, Akhsin mengatakan, pelatihan ini diadakan karena perkembangan teknologi yang mendukung analisis geospasial dinilai sangat berkembang pesat khususnya drone. Yang pemakaiannya untuk pemgambilan  citra udara dalam lingkup yang kecil dan mampu menghasilkan citra resolusi tinggi sudah lama dan banyak digunakan.

“Supaya muncul tenaga operator yg bisa menerbangkan wahana drone khususnya untuk pemetaan drone,” katanya.

Menurutnya, pemanfaatan drone di Makassar dianggap masih kurang dalam bidang tersebut. Secara umum masih dalam lingkup fotografi dengan videografi. “Untuk pemetaan sendiri masih jarang di aplikasikan,”
tambahnya.

Mahasiswa Angakatan 2010 tersebut berharap dengan diadakannya pelatihan tersebut Jurusan Geografi bisa dikenal di masyarakat umum agar peluang alumni untuk bekerjaa lebih mudah nantinya.

“Geografi UNM bisa lebih dikenal bukan hanya pencetak guru. Tapi sebagai tenaga ahli dalam bidang yang terkait denfan geospasial dan membuka peluang untuk kami setelah lulus dari sini,” harapnya.

Kegiatan ini akan digelar pada 14 hingga 15 April nanti di Jurusan Geografi FMIPA UNM. Pelatihan tersebut terbuka untuk umum, bagi yang ingin mendaftarkan diri dapat menghubungi, Akhsin (082272433255), Accing (087771775091) atau melalui email workshop.geosapsial@unm.ac.id.(*)


*Reporter: Wahyudin