Rencananya, Fakultas Kedokteran akan menempati gedung Pascasarjana sebagai tempat perkuliahan. (Foto: Agung-Profesi)
Rencananya, Fakultas Kedokteran akan menempati gedung Pascasarjana sebagai tempat perkuliahan. (Foto: Agung-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Usulan Fakultas Kedokteran (FK) bukan baru-baru ini terdengar. Santer terdengar kabar pengusulan FK sejak Hamzah Upu menjabat sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam periode 2011-2015.

Saat itu, Alumnus S2 Deakin University, Australia ini menginginkan pembentukan prodi Kedokteran Herbal. Kini, proposal pendirian FK masih dalam proses pengerjaan.

Lebih lanjut, Hamzah Upu mengatakan, faktor utama penghambat dibentuknyaFK ialah lokasi. Hingga saat ini pun belum ada tanda-tanda lokasi akan dibangunnyafakultas tersebut. “Untuk lokasi saat ini masih kita pikirkan karena lahan di UNM sudah ditempati semua,”katanya.

Perangkat lain yang dikeluhkan Hamzah Upu ialah soal minimnya tenaga dosen. Menurutnya, UNM dinilai harus merekrut dosen dari kampus lain yang mempunyai keahlian di bidang kedokteran. “Tenaga pengajar bahkan dibilang tidak ada. Tapi saya usulkan agar merekrut dosen luar yang sudah memiliki kompetensi khusus di bidang kedokteran,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor UNM, Husain Syam mengatakan rencana pembangunan FK saat ini dalam proses. Namun, menurutnya pengadaan FK bukan target utama. “Rencana saya juga bangun FK tapi setelah pembangunan fakultas lain,” ujarnya.

Terkait lokasi FK jika terbentuk, Husain Syam berencana akan mengalihkannya ke Gedung Program Pascasarjana (PPs). Hal itu akan dilakukan apabila PPs telah berlokasi di Menara Tellu Cappa yang kini masih mangkrak pembangunannya. “Tempatnya FK saya rencananakan di Gedung Pascasarjana,” beber Husain Syam. (*)


*Tulisan ini terbit di Tabloid Profesi edisi 210