Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani. (Foto: Ist)
Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani. (Foto: Ist)
Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) baru mengantongi 10 program studi (prodi) yang terakreditasi A. Padahal, prodi di kampus eks IKIP Ujung Pandang ini memiliki total sebanyak 81 prodi.

Hal tersebut diakui oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) UNM, Muharram. “Prodi terakreditasi A masih belum cukup 20 persen, baru 10 dari 81 prodi yang ada,” bebernya, Senin (3/4) ini.

Dilansir dari data Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, prodi terakreditasi A di UNM di antaranya prodi Pendidikan Bahasa Inggris; Pendidikan Akuntansi; Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi; Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2; Pendidikan Jasmani dan Olahraga S2; Biologi; Pendidikan Matematika; Pendidikan Kimia; Matematika; dan Geografi.

Lebih lanjut, Guru Besar Kimia Organik ini menjelaskan, akreditasi prodi dapat mempermudah proses reakreditasi institusi perguruan tinggi yang saat ini tengah dilaksanakan. “Kalau akreditasi prodi kita sudah bagus, tidak terlalu sulit lagi untuk menggenjot akreditasi di tingkat perguruan tinggi,” ujarnya.

Pria asal Pinrang ini pun menuturkan, dirinya terus menggenjot peningkatan akreditasi institusi maupun prodi. “Sekarang sementara divisitasi akreditasi perguruan tinggi dan menunggu hasil dari reakreditasi 29 prodi,” ujarnya.

Eks Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ini juga berharap agar hasil akreditasi dapat memuaskan dengan nilai A. “Doakan saja UNM bisa terakreditasi A. Kalau dari 29 prodi yang kita tunggu akreditasinya, semoga 60 sampai 70 persen bisa dapat A,” harapnya. (*)


*Reporter: Awal Hidayat