Tim robotron Universitas Negeri Makassar (UNM) menyabet tiga juara dalam kontes robot teknologi tepat guna nasional di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Sabtu (25/3) - (Foto: Ist)
Tim robotron Universitas Negeri Makassar (UNM) menyabet tiga juara dalam kontes robot teknologi tepat guna nasional di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Sabtu (25/3) - (Foto: Ist)
Tim robotron Universitas Negeri Makassar (UNM) menyabet tiga juara dalam kontes robot teknologi tepat guna nasional di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Sabtu (25/3) – (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Tim robotron Universitas Negeri Makassar (UNM) menyabet tiga juara dalam kontes robot teknologi tepat guna nasional di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Sabtu (25/3). Adapun tiga robot yang mendapat juara, diantaranya tim Aritma Ilo meraih juara I, juara II oleh Aritma Malicco dan Aritma Cobra meraih juara III.

Ketua Tim Robotron UNM, Akmaluddin mengatakan, robot yang dibuatnya dapat menang lantaran memiliki keunggulan dalam sistem kendali otomatis. Robot yang dimiliki tim lain dinilai tidak mampu berjalan dengan baik dengan memakai sistem tersebut.

“Karena robot itu ada 2 manual dan automatis keunggulan dari ketiga tim kami dibanding tim lain yaitu dari robot automatisnya yg mampu melintasi jalur dengan baik,” jelas mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik (FT) ini.

Sementara itu, Ketua Tim Aritma Cobra, Wahyudi mengatakan, hasil kerja keras yang dilakukan oleh selama ini membuahkan hasil. Pasalnya, sebelum kontes, berbagai persiapan dilakukan, antara lain melakukan riset, dan merancang robot dari bahan yang sulit didapat di pasaran.

“Yaitu kurang lebih 4 bulan dan hari ini kami mendapatkan hasil yang maksimal,” ujarnya.

Ketua Tim Aritma Ilo, Idhar pun turut berkomentar. Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu dalam meraih juara tersebut. Utamanya, anggota tim yang tetap terus berkerja dalam merancang robot ini.

“Ucapan terima kasih juga kepada pihak universitas, fakultas dan jurusan yang memberikan dana serta mendukung kami dan terima kasih pula kepada teman-teman tim yang selalu bekerja sama,” tuturnya. (*)


*Reporter: Noval Kurniawan