Tim Robotron UNM mengikut kontes robot tepat guna nasiona di Politeknik Negeri Ujung Pandang pada 24 hingga 25 Maret - (Foto: Ist)
Tim Robotron UNM mengikut kontes robot tepat guna nasiona di Politeknik Negeri Ujung Pandang pada 24 hingga 25 Maret - (Foto: Ist)
Tim Robotron UNM mengikut kontes robot tepat guna nasiona di Politeknik Negeri Ujung Pandang pada 24 hingga 25 Maret – (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Tim robotron Universitas Negeri Makassar (UNM) mengikuti kontes robot nasional di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) pada 24 hingga 25 Maret. Tiga tim diutus yang bertanding dalam satu kategori, yaitu teknologi robot tepat guna.

Ketua Tim Robotron UNM, Akmaluddin menjelaskan, tiga tim tersebut memiliki robot dengan model yang berbeda dengan fungsi yang sama, yakni untuk mengangkut barang dan dimasukkan ke dua grup. Adapun nama robot tersebut, diantaranya Aritma Malicco, Aritma Ilo, dan Aritma Cobra.

“Di mana pada babak penyisihan semua tim dipertemukan hingga menyisihkan dua tim yang lolos masuk semi final,” ucapnya.

Mahasiswa asal Mamuju Utara ini juga mengatakan, terdapat empat perguruan tinggi yang ikut dalam tersebut dan menjadi pesaing untuk tim Robotron UNM. Menurutnya, hal tersebut menjadi motivasi tersendiri untuk mendapat juara nantinya.

“Lomba robot pengangkut barang ini juga diikuti oleh berbagai intitusi yang menjadi saingan kami dibabak penyisihan,” ujarnya mahasiswa angkatan 2014 ini.

Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika ini menambahkan, melalui kontes ini, para kontestan tidak hanya sekadar menjalin silaturahmi, tetapi juga menjadi acuan bagi penyambung tongkat estafet berikutnya di dunia robotika. Ia berharap, tim robotron lainnya dapat berinovasi untuk membuat robot yang bagus nantinya.

“Dengan adanya lomba ini semoga komunitas-komunitas robot yang ada di lingkup universitas dapat menjalin silaturahmi yang baik dan saling mengenal
satu sama lain serta memicu generasi-generasi muda untuk mengembangkan minatnya di bidang robotika,” harapnya. (*)


*Reporter: Noval Kurniawan